Jumat, 23 September 2016

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Bekas jerawat pada wajah cenderung lebih susah untuk dihilangkan. Bahkan mengobati  jerawat pada wajah cenderung lebih mudah daripada menghilangkan bekasnya. Berbagai cara akan orang lakukan agar bekas jerawat pada wajahnya dapat menghilang. Karena selain dapat mengurangi kecantikan, bekas jerawat pada wajah dapat mengurangi kepercayaan diri Anda.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Banyak sekali cara untuk menghilangkan bekas jerawat, dari mulai yang alami sampai cara modern. Cara alami menghilangkan bekas jerawat yaitu dengan menggunakan ramuan tradisional yang bisa Anda racik sendiri atau obat herbal yang bisa Anda dapat di pasaran. Sedangkan cara modern untuk menghilangkan bekas jerawat yaitu dengan menggunakan laser.

Bahkan saat ini banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan hasil ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Mulai dari harga yang relatif murah sampai yang mahal semua ada di pasaran. Namun tidak semua produk kecantikan cocok bahkan aman untuk wajah.

Cara terbaik yang bisa Anda pilih untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah Anda yaitu dengan bahan-bahan alami. Selain tidak memberikan efek samping yang berbahaya, bahan-bahannya pun bisa diperoleh dengan mudah serta biaya yang dikeluarkan cukup murah.

cara menghilangkan jerawat secara alami

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis selain bisa diolah untuk pelengkap bumbu pada makanan, ternyata buah yang memiliki rasa asam ini juga bisa dijadikan alternatif untuk menyelesaikan masalah pada wajah Anda, salah satunya yaitu untuk menghilangkan noda atau bekas jerawat secara alami.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami
Pada jeruk nipis terdapat zat yang mampu mempercepat pertumbuhan atau produksi kolagen pada kulit. Jeruk nipis ini baik digunakan sebagai obat penghilang bekas jerawat karena mampu merangsang terbentuknya sel kulit baru.

Selain dapat menghilangkan noda bekas jerawat, masih banyak sekali manfaat jeruk nipis untuk kecantikan wajah. Manfaat tersebut diantaranya yaitu dapat mengatasi jerawat, mencerahkan wajah serta menghilangkan kekusaman pada wajah.

Kandungan zatnya yang baik untuk kulit, membuat buah yang satu ini banyak digunakan pada produk-produk kecantikan. Namun, menggunakannya langsung jauh lebih aman jika dibandingkan menggunakan produk kecantikan berbahan jeruk nipis.

Karena produk kecantikan cenderung memiliki kandungan bahan kimiawi, lain dengan menggunakan buahnya langsung karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawatpun cukup mudah. Caranya yaitu 

  • Pertama-tama potong atau belah buah jeruk nipis, 
  • kemudian peras sampai keluar semua airnya. 
  • Air jeruk nipis tersebut dioleskan kebagian wajah yang terdapat noda bekas jerawat. 
  • Biarkan sampai air jeruk nipis tersebut meresap. 
  • Jika sudah sampai 15 atau 20 menit, bilas dengan air dingin lalu keringkan dengan handuk.
  • Saat dioleskan pada wajah memang terasa perih dan gatal. Namun tidak usah khawatir. Itu merupakan proses meresapnya air jeruk nipis ke dalam kulit.
Lakukan hal tersebut secara rutin agar bekas jerawat cepat menghilang. Namun perlu diingat. Setelah melakukan hal tersebut, kulit wajah akan terasa lebih kering. Jadi, usahakan menggunakan krim wajah agar wajah tetap lembab.

2. Madu

Madu selain rasanya lezat dan manis, ternyata memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Makanya madu sering sekali dijadikan bahan alami untuk kecantikan.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Salah satu manfaat madu untuk kecantikan yaitu dapat menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Terdapat zat-zat yang mampu memudarkan dan menghilangkan bekas jerawat secara alami. Selain itu, madu memiliki sifat antibakteri yang berfungsi menetralisir zat lain pada kulit wajah serta kandungan antiseptiknya dapat mengurangi peradangan.

Manfaat lain dari madu ini yaitu dapat memutihkan kulit, menghaluskan kulit wajah, mengatasi jerawat, melembabkan kulit wajah, dapat mengecilkan pori-pori pada wajah serta dapat mencegah penuaan karena kandungan antioksidannya.

Bahkan, cairan hasil lebah madu ini dapat dijadikan obat untuk bibir kering dan pecah-pecah serta dapat memerahkan bibir.

Cara menggunakan madu untuk menghilangkan bekas jerawat cukup mudah. Caranya yaitu oleskan madu pada bagian wajah yang terdapat noda bekas jerawat atau pada seluruh bagian wajah pun tidak masalah. Biarkan sampai mengering. Jika sudah terasa lengket serta mengering, bilas dengan air dingin. Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam satu minggu.

Pastikan madu yang digunakan yaitu madu alami. Jangan menggunakan madu olahan pabrik. Karena madu olahan pabrik biasanya mengandung bahan campuran lain.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya biasa digunakan sebagai bahan untuk perawatan dan kecantikan rambut. Ternyata dibalik tekstur dagingnya yang cenderung kenyal dan lengket, terdapat zat yang mampu menghilangkan bekas jerawat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Lidah buaya ini mengandung zat dan vitamin yang dapat menyembuhkan luka, termasuk bekas jerawat. Kandungan aloesin pada lidah buaya berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin. Melanin sendiri yaitu zat yang dapat menyebabkan kulit menjadi hitam atau gelap.

Gel pada lidah buaya sangat baik untuk kesehatan pada kulit. Salah satunya yaitu dapat merangsang pembentukan sel kulit baru serta dapat menghilangkan noda bekas jerawat secara alami.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat yaitu dengan memotong lidah buaya agar bisa diambil gelnya. Ambil bagian gelnya lalu haluskan. Oleskan gel yang sudah dihaluskan ke bagian wajah yang terdapat bekas jerawat.

Agar lebih mudah, Anda bisa langsung menggosokan gelnya kebagian wajah yang terdapat bekas jerawat tanpa harus mengambil dan menghaluskannya. Tunggu sampai 30 menit. Bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal ini dua kali dalam sebulan.

4. Timun

Timun atau mentimun memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan magnesium serta vitamin A dan C pada mentimun sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Serta kandungan Vitamin E yang kaya akan antioksidan dapat mencegah penuaan serta menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan kulit.
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Dalam mentimun terdapat kandungan zat Astringent yang berfungsi untuk mengurangi bekas kemerahan pada wajah akibat sensitifitas pada pemakaian kosmetik maupun paparan sinar matahari serta bekas jerawat. Selain itu itu, zat Astringent dapat mencegah timbulnya noda bekas jerawat.

Dengan kandungan zat yang baik untuk kesehatan kulit, mentimun dapat dijadikan obat alami untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah.

Terdapat dua cara mengolah mentimun untuk obat penghilang bekas jerawat. Caranya yaitu dengan digunakan langsung maupun dengan dibuat masker.

Untuk penggunaan langsung, potong atau iris mentimun secara tipis, lalu tempelkan pada wajah yang terdapat bekas jerawat. Diamkan hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hangat atau bersih.

Cara lain yaitu dengan membuat masker dari mentimun. Caranya yaitu parut mentimun hingga halus. Kemudian campurkan madu pada parutan mentimun. Oleskan pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini 2 kali sehari.

5. Pepaya

Pepaya selain nikmat dan baik untuk percernaan karena kandungan seratnya yang tinggi, ternyata buah yang satu ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit wajah maupun tubuh. Salah satunya yaitu dapat menghilangkan bekas jerawat pada wajah.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Pepaya mengandung enzim yang dapat mencegah radikal bebas pada wajah, menghilangkan sel-sel kulit mati dan memudarkan noda bekas jerawat.

Cara penggunaan buah pepaya untuk menghilangkan bekas jerawat yaitu dengan dijadikan masker. Caranya yaitu potong kecil-kecil buah pepaya, haluskan dengan menggunakan blender. Oleskan pada bagian wajah bekas jerawat. Tunggu hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Untuk penggunaan masker pepaya ini, jangan terlalu lama. Karena dapat menyebabkan kemerahan pada wajah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon